38 Stand Sekolah dan Dayah Meriahkan Expo Pendidikan

Tekkomdik 26 September, 2018 0


BANDA ACEH – Peringatan Hari Pendidikan (Hardikda) Aceh tahun ini benar-benar berlangsung meriah. Setelah upacara, seminar, dan lomba marching band, mulai Rabu (26/9) diadakan pula “Expo Aceh Carong” di Lapangan Blang Padang Banda Aceh. Ini adalah kegiatan pameran yang menampilkan hasil kerajinan siswa, produk layanan sekolah, juga kesenian.

Sebanyak 38 stand dari sekolah jenjang SD/MI, SMP/MTs dan SMA/SMK serta dayah (pesantren) yang ada di Kota Banda Aceh dan Kabupaten Aceh Besar mengikuti kegiatan pameran yang dilaksanakan oleh Dinas Pendidikan Aceh, berlangsung hingga 29 September. Expo Pendidkan ini, kata ketua Panitianya Muslem S.Ag, M.Pd, merupakan rangkaian kegiatan untuk memperingati Hardikda ke-59.

Kepala Dinas Pendidikan Aceh Syaridin, S. Pd, M. Pd, didampingi Sekretaris Disdik, Muslem, Kabid Pembinaan SMA/PKLK Zulkifli, Kabid Pembinaan SMK Teuku Miftahuddin, Kepala UPTD Balai Tekkomdik Syarbaini, Kabid PAI Kanwil Kemenag Saifuddin, menabuh rapa-i sebagai tanda dimulainya kegiatan expo.

Sebelum menabuh rapa-i, dalam sambutannya Kadisdik mengatakan, bahwa pagelaran Expo Pendidikan Aceh pada tahun ini menjadi momen penting bagi seluruh peserta expo dalam menampilkan karya-karya terbaiknya kepada masyarakat. Karena, expo menjadi salah satu media yang dapat mendorong pihak sekolah untuk meningkatkan produktivitas seni kreasi di sekolah masing-masing.

Pada bagian lain, Muslem mengatakan, beberapa agenda kegiatan telah dilaksanakan dalam rangkaian peringatan Hardikda 2018 diantaranya upacara bendera di Lapangan Tugu Unsyiah Darussalam Banda Aceh, Seminar Pendidikan yang berlangsung di Gedung Auditorium Aly Hasymy UIN Ar-Raniri Banda Aceh, lomba olahraga dan lagu-lagu pendidikan, lomba Aceh Marching Band Championchip (AMBC) Piala Gubernur Aceh dan Piala bergilir Kepala Dinas Pendidikan Aceh.

Setelah expo berakhir, akan diselenggarakan Malam Resepsi Hardikda yang akan dilaksanakan di aula SMK 1, 2, dan 3 Lhong Raya Banda Aceh tanggal 29 September. Pada malam tersebut, akan diberikan Anugerah Pendidikan oleh Gubernur Aceh kepada kabupaten/kota yang berprestasi di bidang pendidikan, guru terpencil, siswa-siswi yang berprestasi, pendidik dan tenaga kependidikan serta launching Kurikulum Aceh. | Fikri