Aceh Besar Juara Umum KKP SMA 2018

Nurul Fajar 4 November, 2018 0


Kontingen Kabupaten Aceh Besar keluar sebagai juara umum pada Kegiatan Kawah Kepemimpinan Pelajar (KKP) jenjang SMA tahun 2018 tingkat Provinsi Aceh yang berlangsung sejak 1 hingga 4 November dilaksanakan di Hotel Grand Aceh Syariah dan Lapangan SMAN Modal Bangsa Aceh Besar.Tim tuan rumah berhasil memboyong dua medali emas dan satu medali perak atas nama Bahrul Ulam (SMAN 1 Ingin Jaya), Ananda Safwina Mardiah (SMAN 2 Unggul Ali Hasyimi) dan Putri Rumaisya (SMAN Modal Bangsa).

Sedangkan ditempat kedua diikuti oleh Kontingen Kabupaten Aceh Barat dengan dua medali emas atas nama M. Aris Munandar (SMAN 1 Meulaboh) dan Fiqratun Mardhiati (SMAN 4 Wira Bangsa) selanjutnya ditempat ketiga diraih oleh juara bersama kontingen Kota Banda Aceh atas nama Syakira Zarifa (SMAN 2 Banda Aceh) dan Alvi Kamal Pasha (SMAN 10 Banda Aceh) serta Kabupaten Aceh Utara atas nama Muhammad Luthfi (SMAN 1 Cot Girek) dan Fakhrurazi (SMAN 1 Dewantara) dengan raihan satu medali emas dan satu medali perak.

Kegiatan penutupan dan penyerahan medali serta hadiah berupa uang tunai kepada para juara diserahkan Kepala Dinas Pendidikan Aceh Syaridin, S. Pd, M. Pd yang diwakili oleh Kepala Bidang Pembinaan SMA dan PKLK Zulkifli, S. Pd, M. Pd pada minggu (4/11/2018) di Aula SMAN Modal Bangsa.

Kabid Pembinaan SMA dan PKLK Zulkifli, S. Pd, M. Pd menyampaikan bahwa setiap peserta yang berhasil meraih medali emas pada kegiatan ini akan berhak mewakili Provinsi Aceh di ajang yang sama tingkat nasional pada tahun depan. Menurutnya, ini merupakan bentuk apresiasi pihaknya kepada sang juara ditingkat Provinsi.

“Setelah pulang dari sini, maka para pendamping kita mintakan untuk kembali melatih dan membina para juara agar lebih bersiap dalam mengikuti lomba yang sama ditingkat nasional nanti. Kita mau setiap ada kejuaraan ditingkat nasional, kita bisa meraih juara” harapnya.

Berdasarkan hasil yang diperoleh tahun lalu ditingkat nasional yang berhasil memboyong emas, Ia meminta kepada para juara yang mendapatkan kesempatan bertanding ditingkat nasional agar dapat mempertahankan dan meningkatkan prestasi yang telah diraih oleh senior sebelumnya.

“Yang lebih penting dari kegiatan ini adalah terwujudnya pendidikan karakter pada setiap pelajar, sehingga akan dapat memperbaiki moral dan akhlak mereka ketika berada dalam lingkungan masyarakat” ujarnya.

Para pelajar setelah mengikuti kegiatan KKP 2018 ini diharapkan agar dapat menjadi duta kepemimpinan disekolahnya masing-masing agar dapat terciptanya lingkungan sekolah yang nyaman dan damai antara siswa, guru dan kepala sekolahnya.

Ketua Panitia Kawah Kepemimpinan Pelajar (KKP) SMA tahun 2018 tingkat Provinsi Aceh Amiruddin, S. Sos menyampaikan seluruh Kabupaten/Kota mengikuti Kegiatan KKP 2018 dengan jumlah peserta mencapai 230 orang dan ditambah dengan para pendampingnya.

“Kita mendatangkan dewan juri dari Kwartir Daerah Pramuka Aceh. Pada saat pelaksanaan kegiatan, para siswa tampak antusias dalam mengikutinya. Banyak ilmu baru yang mereka dapatkan disini” ujarnya.

Selain mendapatkan piagam, para juara juga mendapatkan medali dan hadiah berupa uang tunai dari Dinas Pendidikan Aceh. Adapun besaran nilainya untuk juara satu masing-masing Rp 13 juta, juara dua Rp 9 juta dan juara tiga Rp 6,5 juta dan bagi pendamping yang meraih juara hadiahnya diberikan senilai Rp 1,5 juta.|Fikri