Dinas Pendidikan Aceh Gelar Bimtek Pemanfaatan UN 2018 di Tapaktuan

Nurul Fajar 8 Desember, 2018 0


Dinas Pendidikan Aceh menggelar Bimbingan Tekhnis (Bimtek) pemanfaatan ujian nasional SMK tahun 2018, Sabtu (8/12/2018) bertempat di Aula SMKN 1 Tapaktuan. Hal itu dilakukan sebagai upaya pemerintah untuk meningkatkan nilai UN bagi siswa pada 2019.

Kepala Dinas Pendidikan Aceh, Syaridin, S.Pd, M.Pd melalui Kepala Seksi Kurikulum Penilaian SMK, Dr. Asbaruddin, S.TP, MM, M.Eng saat membuka kegiatan bimtek menyampaikan adapun yang menjadi prioritas pihaknya adalah mencari dan mengatasi faktor kelemahan dari kinerja guru yang menyangkut dengan ketercapaian kurikulum pada mata pelajaran UN.

“Setelah kita teliti ada empat hal yang mempengaruhi hasil UN untuk jenjang SMK, yaitu pengaruh pengajaran dari guru mata pelajaran UN, sarana prasarana pendukung pembelajaran, pelaksanaan kurikulum yang tuntas, dan manajemen pengajaran dari satuan pendidikan” ungkapnya.

Asbaruddin menyakini jika keempat hal tersebut dapat terpenuhi, maka cita-cita untuk meningkatkan nilai UN SMK pada 2019 mendatang akan dapat terwujud.

“Saya ingin sampaikan bahwa guru adalah kurikulum pertama bagi siswa. Maka jadilah guru yang baik dan dapat mencerdaskan siswanya” katanya.

Ia juga mengajak para guru untuk bersama-sama bersinergi untuk mewujudkan Aceh Carong. Salah satunya dengan adanya peningkatan nilai UN pada 2019.

“Kami juga telah membagikan kisi-kisi soal UN tahun 2019 untuk dipelajari dan dibahas oleh guru bersama siswanya. Dan kisi-kisi UN ini harus tuntas dibahas sebelum UN 2019” tegasnya.

Dengan masa belajar yang lebih singkat dari tahun lalu, Ia berharap para guru yang mengajar pada siswa kelas XII agar memfokuskan pembelajaran terhadap kisi-kisi UN tahun 2019.

“jika tahun lalu UN dilaksanakan pada bulan april, maka pada tahun 2019 nanti UN akan digelar pada bulan maret. Waktu belajar siswa menjadi semakin singkat” ujarnya.

Asbar mengimbau kepada seluruh siswa peserta UNBK agar dapat mempersiapkan dirinya semaksimal mungkin dengan belajar yang giat, karena sistem UNBK membutuhkan kemampuan masing-masing siswa.

Sementara itu dalam kegiatan Bimtek Pemanfaatan Ujian Nasional SMK tahun 2018 ini turut dihadiri oleh guru-guru mata pelajaran yang mengikuti UN 2019. Sedangkan pematerinya berasal dari pengawas SMK dan dosen FKIP Universitas Syiah Kuala Banda Aceh.|Fikri