Dinas Pendidikan Aceh Gelar Workshop Digitalisasi Pengawas Sekolah

Nurul Fajar 14 November, 2018 0


Dinas Pendidikan (Disdik) Aceh mengadakan workshop digitalisasi pengawas sekolah di Kabupaten Aceh Selatan. Kegiatan berlangsung sejak 11 hingga 14 November 2018, yang diikuti sedikitnya 50 pengawas di lingkungan Disdik Aceh.
Kepala Bidang Pembinaan GTK, Nurhayati, MM saat membuka kegiatan, Senin (12/11/2018) menyampaikan pengawas sekolah tenaga pendidikan memegang peranan penting dalam peningkatan dan penjaminan mutu pendidikan. Juga memegang posisi yang sangat strategis serta signifikan dalam meningkatkan profesionalisme guru di sekolah.

“Kegiatan kepengawasan pengawas sekolah adalah menyusun dan melaksanakan program pengawasan. Hal ini dijelaskan dalam peraturan pemerintah nomor 17 tahun 2018 tentang guru pasal 15 ayat 4,” ujarnya.
Nurhayati meminta kinerja pengawas harus dapat ditingkatkan terutama dalam menjalankan tugasnya memberikan pelayanan dan bimbingan kepada guru di sekolah. Selain itu, pengawas juga harus memiliki keahlian dan keterampilan dalam bidang ilmu teknologi.“Kegiatan workshop digitalisasi pengawasan sekolah tahun 2018 sangat strategis untuk mendapatkan masukan yang membangun demi peningkatan mutu pengawasan di sekolah,” jelasnya.

Sementara Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Aceh Selatan, Drs Martunis mengatakan pengawas sekolah memiliki perananan penting dalam memajukan pendidikan, terutama dalam meningkat profesionalisme guru dan mengevaluasi ketercapaian target pelajaran pada satuan pendidikan.
“Pengawas harus lebih mahir dalam semua bidang, tidak terekcuali bidang ilmu teknologi. Sebelum mengajarkan kepada guru di sekolah, maka pengawas harus terlebih dahulu belajar kepada yang ahli di bidangnya” ungkapnya.

Adapun kegiatan yang dilaksanakan yaitu sosialisasi rumah belajar oleh Pustekkom Kemdikbud, dasar-dasar microsoft office (word , excel, dan power point), membuat akun gmail, pengenalan google drive, pembuatan google formulir, dan penggunaan aplikasi google lainnya oleh staf UPTD Balai Tekkomdik Dinas Pendidikan Aceh.|Fikri