Dinas Pendidikan Aceh Gelar Workshop Karya Inovasi Siswa 2018

Nurul Fajar 26 Oktober, 2018 0


Dinas Pendidikan Aceh melalui Bidang Pembinaan SMK terus memacu daya kreatifitas dan inovasi siswa, salah satunya melalui pelaksanaan workshop Karya Inovasi Siswa SMK yang berlangsung sejak 25 hingga 29 Oktober 2018 di Banda Aceh.

Workshop Karya Inovasi Siswa SMK se Aceh tahun 2018 tersebut dibuka secara resmi oleh Sekretaris Dinas Pendidikan Aceh Muslem Yacob, S. Ag, M. Pd mewakili Kepala Dinas Pendidikan Aceh Syaridin, S. Pd, M. Pd pada kamis (25/10/2018) malam.

Dalam pidato pembukaannya Muslem menyampaikan kegiatan tersebut bertujuan agar para siswa bisa mengembangkan ide- ide yang inovasi serta kreatif melalui karya tulisannya selanjutnya para siswa dilihat kemampuannya dalam berkreasi dengan menggunakan teknologi dan keahliannya.

“Workshop ini sangatlah penting untuk melatih siswa-siswi SMK dalam mengembangkan gagasan, ide-ide kreatif yang bisa menghasilkan buah karya sesuai dengan skil yang dimilikinya” ungkapnya.

Menurutnya, hal yang terpenting dari kegiatan ini adalah siswa selain bisa menambah ilmu dan pengalaman, juga bisa meningkatkan wawasan, pemahaman, peluang dan tantangan setelah mereka lulus dari SMK.

Sebelumnya ketua panitia workshop Karya Inovasi Siswa SMK Drs Zulkarnaini melaporkan bahwa hadir dalam kegiatan tersebut dua orang perwakilan siswa dari 23 Kabupaten/Kota se Aceh yang keseluruhan berjumlah 46 orang.

“Nantinya para siswa akan memaparkan karya tulis ilmiahnya dihadapan dewan juri dan dewan juri berasal dari akademisi dan praktisi yang berkompeten” ujarnya.

Selain itu tambah Zulkarnaini, publikasi ilmiah dan inovasi dapat mendorong para pelajar lebih kompeten dan profesional, karena dengan berinovasi maka akan mendorong siswa untuk gemar membaca dan melakukan pengamatan serta penelitian. Kemudian hasil pengamatan dan penelitiannya akan ditulis dalan bentuk journal, artikel, laporan dan buku.|Fikri