Dinas Pendidikan Aceh Laksanakan Pemantapan UN tahun 2019

Nurul Fajar 5 Desember, 2018 0


Dinas Pendidikan Aceh mulai melakukan berbagai upaya untuk pemantapan pelaksanaan Ujian Nasional (UN) tahun 2019 mendatang. Salah satunya dengan melaksanakan try out UN dan menyebarkan kisi-kisi UN tahun 2019 kepada seluruh guru mata pelajaran yang ada di Aceh.
Kepala Dinas Pendidikan Aceh, Syaridin, S. Pd, M. Pd melalui Sekretaris Panitia Ujian Nasional (UN) tingkat Provinsi Aceh, Drs. Zulkarnaini pada pelaksanaan Bimbingan Teknis (Bimtek) untuk guru SMK yang dipusatkan di SMK Negeri 2 Banda Aceh, Selasa (4/12/2018), meminta kepada para guru untuk mempersiapkan siswa agar siap menghadapi UN pada 2019.
“Para guru mata pelajaran kita harapkan untuk segera membahas kisi-kisi soal UN tahun 2019 yang kita bagikan ini” ujarnya.
Drs. Zulkarnaini menambahkan meski secara umum kebijakan Ujian Nasional (UN) tahun 2019 tidak jauh berbeda dengan pelaksanaan pada UN tahun 2018. Namun masa belajar siswa kelas XII akan lebih berkurang pada tahun ini, hal itu dikarenakan UN pada tahun 2019 akan dilaksanakan pada Bulan Maret 2019.
“Perbedaannya hanya pada proyeksi jumlah peserta dan jadwal ujiannya saja, waktu pelaksanaan UN 2019 sedikit bergeser ke depan dibandingkan tahun 2018. UN tahun 2018 dimulai pada bulan April, sedangkan UN tahun 2019 dimulai pada bulan Maret” ungkapnya.
Dengan waktu yang hanya tinggal tiga bulan lagi, Ia meminta agar para kepala sekolah dan guru agar lebih memperbanyak menganalisis soal-soal UN sebelumnya. Selain itu juga bisa memberikan tambahan waktu belajar di sore hari untuk mengejar materi pelajaran yang belum selesai.
“Kita mengharapkan dengan adanya try out yang soalnya berkelas ujian nasional akan memudahkan siswa kelas III atau kelas XII SMK pada saat mereka mengikuti ujian nasional,” ungkapnya.
Pelaksanaan ujian nasional secara serentak merupakan sistem evaluasi standar pendidikan dasar dan menengah secara nasional. Hal itu penting untuk mengukur kemampuan siswa di Aceh.
“Pelaksanaan UN tahun 2019 mendatang direncanakan seluruh kabupaten/kota di Aceh sudah menerapkan 100 persen Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) dengan target nilai UN diatas 70.00,” ujarnya.
Sementara itu pada tahun 2019 ini seluruh soal UN disiapkan oleh Kemdikbud. Semua soal dalam bentuk pilihan ganda, kecuali soal Matematika SMA/MA, SMK/MAK dan Paket C/Ulya yang terdiri atas pilihan ganda dan isian singkat.
Demikian juga soal yang berorientasi pada penalaran tingkat tinggi (HOTS), masih diterapkan dalam UN 2019 nanti.|Fikri