Hasil UKG Non PNS SMA Tahap II Diumumkan

Nurul Fajar 14 September, 2018 0


Dinas Pendidikan Aceh mengumumkan hasil UKG Non PNS Tahap II jenjang SMA/SMK dan SLB tahun 2018. Pengumuman tersebut dilakukan secara online melalui website www.ukggurunonpnsaceh.com. Mulai hari ini sudah bisa diakses dilaman tersebut untuk mengikuti proses selanjutnya. 

Kepala Dinas Pendidikan Aceh Syaridin, S.Pd, M.Pd kepada mengatakan dari sebanyak 6.933 jumlah guru yang mengikuti UKG Tahap II sebanyak 3.709 Guru berhasil mencapai grade nilai yang diharapkan yaitu 51.00. Sedangkan sisanya sebanyak 3.224 belum mencapai grade.

“Mereka yang belum lulus masih diberikan kesempatan untuk mengikuti UKG Tahap III. Ini adalah bentuk perhatian Pemerintah Aceh dalam rangka meningkatkan kesejahteraan bagi guru honorer yang ada di Aceh” ungkapnya.

Kadisdik Aceh Syaridin,  S. Pd,  M. Pd menambahkan bahwa pada Tahun ini tingkat kelulusan UKG Non PNS Aceh mencapai 53,49% dengan nilai rata-rata sebesar 59,45, jumlah ini meningkat 70% dibandingkan dengan UKG Tahap I tahun 2017.

“Testnya online dan pengumumannya juga harus online. Bagi guru yang sudah lulus UKG Non PNS maka honorariumnya akan kita bayarkan sesuai dengan grade yang dicapai, sedangkan yang belum mencapai grade (non grade) honorariumnya masih kita bayar dengan nominal Rp. 15.000/jamnya” jelasnya.

Kadisdik Aceh berharap bagi guru yang belum mencapai grade untuk terus meningkatkan kapasitas dan kemampuannya agar dapat mencapai grade  yang diharapkan pada test UKG tahap III nanti.

“Jangan berharap bantuan ataupun berniat mengurus agar lulus UKG karena itu sangat tidak mungkin, sebab UKG Non PNS dilaksanakan secara online dan terbuka serta soalnya juga langsung dari Kemendikbud, jadi tidak ada pihak yang bisa mengintervensi” ujarnya.

Menurutnya hasil UKG yang diperoleh merupakan murni hasil  kemampuan para guru sendiri. Maka para guru diminta untuk memperdalam ilmu pedagogik, ilmu agama dan bidang keilmuan yang diajarkannya di sekolah.

“Ini semua kita lakukan untuk menjaga akuntabilitas dan kredibilitas penyelenggara pendidikan yang bersih dan jujur menuju Aceh Carong, Jika ada merasa dicurangi silakan lapor ke saya” demikian Kepala Dinas Pendidikan Aceh Syaridin, S. Pd,  M. Pd.

 

(Penulis : Rizal Fikri TA, S.Pd.I)