Keberhasilan Pendidikan Bergantung Pada Kualitas Guru

Nurul Fajar 12 Oktober, 2018 0


Keberhasilan Pendidikan Aceh tidak hanya diukur dari tingginya tingkat kelulusan siswa pada Ujian Nasional, tetapi juga dari banyaknya prestasi Pendidik dan Tenaga Kependidikan yang berhasil dicapai diberbagai perlombaan baik Nasional maupun Internasional.

Hal demikian disampaikan Kepala Dinas Pendidikan Aceh Syaridin,S. Pd, M. Pd yang didampingi Sekretaris Dinas Pendidikan Aceh Muslem Yacob, S. Ag. M. Pd, dan beberapa Pejabat Disdik Aceh lainnya, saat membuka kegiatan Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) yang berlangsung sejak tanggal 3 s.d 25 Oktober 2018 bertempat di SMAN 1 Bireuen.

“Tahun ini Aceh mendapatkan peringkat 3 secara Nasional dalam bidang Guru Prestasi. Hal ini patut kita banggakan dan pertahankan” ujarnya.

Kadisdik Aceh menambahkan salah satu upaya meningkatkan kualitas GTK Aceh yaitu dengan melakukan pelatihan Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB) Mandiri. Hal ini dinilai akan berdampak pada kualitas Pendidikan Aceh secara nyata.

“Guru harus terus melakukan inovasi terhadap metode pembelajaran. Khusus bagi siswa kelas XII, pembelajaran harus berbasis kisi-kisi Nasional agar hasil Ujian Nasional (UN) dapat meningkat” pungkasnya.

Sementara Ketua Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) SMA, Harmiati menyampaikan kegiatan tersebut diikuti oleh 60 orang Guru matematika dari Kabupaten Bireuen, dengan pematerinya adalah para Guru matematika yang sebelumnya sudah dilatih di P4TK Yogyakarta yaitu Bariati, S.Pd (SMAN 1 Bireun) dan Emi Rosita (SMAS Sukma Bangsa Bireuen)

“Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kompetensi Guru bidang studi matematika terutama dalam menghadapi Ujian Nasional (UN) tahun depan” tuturnya.

Sementara itu pada kesempatan yang sama Kadisdik Aceh Syaridin S. Pd, M. Pd juga menutup kegiatan Musyawarah Guru Mata pelajaran (MGMP) jenjang SMK se Kabupaten Bireun yang telah berlangsung sejak 27 September hingga 08 Oktober 2018 yang dilaksanakan di SMK Negeri 1 Bireuen.| Fikri