Selamat Datang di Website Resmi Dinas Pendidikan Aceh. Jl. H. Mohd.Daud Beureueh No.22 Kutaalam, Banda Aceh

berita pendidikan

Foto Disdik Aceh

Jakarta-Gerakan Seniman Masuk Sekolah (GSMS) merupakan kegiatan pembelajaran kesenian oleh para seniman yang dilaksanakan di luar jam pelajaran sekolah atau kegiatan ekstrakurikuler di satuan pendidikan (SD, SMP, SMA/SMK). Direktur Jenderal Kebudayaan Hilmar Farid mengatakan, GSMS menjadi salah satu solusi atas keterbatasan guru kesenian di sekolah-sekolah.

Ilustrasi anak belajar.(Foto : MOMMIESDAILY.COM)

Jakarta-Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Muhadjir Effendy mengimbau guru untuk mengkaji lagi fungsi pemberian pekerjaan rumah (PR) kepada siswa. Mendikbud minta agar PR yang diberikan guru tidak menjadi beban bagi siswa. Guru juga harus mengembangkan cara belajar yang tuntas, serta memberikan PR sesuai dengan kebutuhan, dan tidak selalu dikaitkan dengan mata pelajaran.

 

Pembukaan Sosialisasi PPDB 2018 oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (30/5/2018)(Dok. Kemendikbud)

Jakarta - Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan ( Kemendikbud) menerbitkan Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Permendikbud) Nomor 14 Tahun 2018 tentang Penerimaan Peserta Didik Baru ( PPDB) pada Taman Kanak-Kanak (TK), Sekolah Dasar (SD), Sekolah Menengah Pertama (SMP), Sekolah Menengah Atas (SMA), Sekolah Menengah Kejuruan (SMK).

BANDA ACEH-Sebanyak 74.895 pelajar SMP/MTs yang tersebar di 23 Kabupaten/Kota di Aceh, dilaporkan menjalani Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) yang akan berlangsung sejak 23 hingga 26 April 2018.

Kepala Dinas Pendidikan Aceh, Drs. Laisani, M.Si, mengatakan, secara umum pelaksanaan Ujian Nasional di Aceh berjalan lancar tanpa adanya gangguan yang signifikan.

Pelantikan Kepala Sekolah

Banda Aceh-Sedikitnya, 56 Kepala SMA/SMK dan PKLK dibawah Dinas Pendidikan Aceh dilantik.Prosesi pelantikan, pengukuhan dan pengambilan sumpah jabatan dilakukan Kepala Dinas Pendidikan Aceh, Drs. Laisani, M.Si, di aula Dinas Pendidikan setempat, Senin, 16 April 2018.

BANDA ACEH-Program pelatihan keliling Mobile Training Unit (MTU) bantuan Dinas Pendidikan Aceh yang diperuntukkan bagi pelajar Sekolah Menengah Kejuruan (SMK), kembali dilanjutkan.

Bahkan, pada tahun 2018 ini, kegiatan yang secara tekhnis dilaksanakan oleh Dinas Pendidikan Aceh meluas hingga ke SMK dilingkup Dayah dalam rangka mewujudkan program Gubernur Aceh Irwandi Yusuf "Aceh Carong".

Banda Aceh-Kepala Dinas Pendidikan Aceh, Laisani, mengungkapkan, tahun ini Pemerintah Aceh yang secara tekhnis dilaksanakan oleh Dinas Pendidikan Aceh akan melatih sebanyak 12 kompetensi keahlian kepada pelajar Sekolah Menengah Kejuruan (SMK).

Kompetensi tersebut meliputi, MTU I digunakan untuk medukung jurusan Teknik Bangunan dengan Kompetensi Keahlian Briklaying, Cabinet Making, Joinary, Plumbing.

Banda Aceh-Wakil Gubernur Aceh, Nova Iriansyah, secara resmi melakukan peluncuran pelatihan bergerak Mobile Training Unit (MTU) untuk pelajar SMK, Jum'at, 23 Maret 2018, di Lobi kantor Gubernur Aceh.

Peluncuran pelatihan bergerak Mobile Training Unit (MTU) ini sekaligus dirangkai dengan pelepasan magang siswa luar negeri, pada Boeing Company di Amerika Serikat.

Kepala Dinas Pendidikan Aceh Drs. Laisani, M.Si

BANDA ACEH-Provinsi Aceh terus bersiap untuk menjadi tuan rumah penyelenggaraan Festival dan Lomba Seni Siswa Nasional (FLS2N) jenjang SMA/SMK tingkat Nasional tahun 2018 mendatang.

Kepala Dinas Pendidikan Aceh, Drs. Laisani, M.Si, mengatakan, pihaknya telah melakukan pertemuan dengan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia (Kemdikbud-RI), untuk membahas terkait kesiapan provinsi Aceh untuk menjadi tuan rumah pada FLS2N tingkat nasional itu.

Sejumlah siswa mengikuti Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) di SMAN1 Lhokseumawe, Senin (10/4). Siswa Sekolah Menengah Atas (SMA), Madrasah Aliyah (MA), dan SMA Luar Biasa mengikuti UNBK berlangsung 10-13 April 2017.

BANDA ACEH - Sebanyak 705 sekolah SMA/MA di Aceh melaksanakan Ujian Nasional (UN). Dari jumlah sekolah tersebut total peserta ujian tahun ini mencapai 55.786 siswa. Dari jumlah sekolah yang melaksanakan UN itu, sebanyak 397 sekolah atau 56,3 persen telah melaksanakan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK).

Pages

Subscribe to berita pendidikan