Selamat Datang di Website Resmi Dinas Pendidikan Aceh. Jl. H. Mohd.Daud Beureueh No.22 Kutaalam, Banda Aceh

Pengumuman

FESTIVAL FILM DOKUMENTER UNTUK SISWA (FFDS) TINGKAT SMA/SMK/PLB se ACEH 2017

 

Ayo adik-adik, buruan daftarkan diri kamu dalam lomba ini dan menangkan hadiahnya. Info Selengkapnya klik disini

 

Berita Pilihan Redaksi

Siswa dari Aceh Utara Wakili Indonesia Lomba Internasional di Kazakhstan397 Sekolah di Aceh Laksanakan UNBK327 SMK Sudah Jadi Lembaga Sertifikasi Profesi

LHOKSEUMAWE-Dua siswa SMAN 1 Paya Bakong, Aceh Utara, Maulidi Rahmi dan Fadlon dipastikan mewakili Indonesia ke ajang Lomba Matrix Internasional di Kazakhstan Mei tahun depan. Kepastian itu diperoleh setelah kedua siswa dari pedalaman Aceh Utara ini meraih medali perak dalam ajang Indonesian Science Project Olimpiad, di Kharisma Bangsa, Tangerang Selatan, 24-26 Februari 2017 untuk kategori komputer.

Sejumlah siswa mengikuti Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) di SMAN1 Lhokseumawe, Senin (10/4). Siswa Sekolah Menengah Atas (SMA), Madrasah Aliyah (MA), dan SMA Luar Biasa mengikuti UNBK berlangsung 10-13 April 2017.

JAKARTA-Sebanyak 327 Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) sudah menjadi Lembaga Sertifikasi Profesi Pihak Pertama (LSP P1). Ke-327 SMK itu sudah menerima Sertifikat Lisensi dari Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP).

TV Tekkomdik Aceh

Banda Aceh - Dinas Pendidikan Aceh merayakan Maulid Nabi Muhammad SAW (27/02) di Aula Dinas Pendidikan Aceh. Acara Maulid Disdik Aceh dihadiri oleh Gubernur Aceh dr. H. Zaini Abdullah dan sejumlah pejabat lainnya

Gubernur Aceh Zaini Abdullah: Hardiknas Momentum Introspeksi Diri

GUBERNUR Aceh, dr. Zaini Abdullah minta semua untuk saling bahu membahu membangun pendidikan Aceh kedepan yang lebih baik. Peringantan Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) 2015 ini hendaknya menjadi renungan dan intropeksi diri terhadap strategi apa yang perlu dilakukan ke depan agar pendidikan Aceh makin berkibar bermutu serta berkarakter.

Aceh yang pernah mengalami masa gemilang dalam bidang Pendidikan hendaknya perlu terulang kembali. Kita merindukan masa kegemilangan itu, tentu semua itu tidak mungkin datang dengan sendirinya seperti membalik telapak tangan. Kita harus bekerja keras bersatu padu dalam menggerak setiap potensi yang ada.

UN Online :

Kedepan pendidikan kita juga menghadapi tantangan yang makin berat, khususnya Ujian Nasional SMA sederajat akan dilaksanakan secara on line.Dengan sistem UN berbasis komputer kumungkinan curang tidak akan terjadi lagi. Jadi tidak alasan siswa tidak belajar dengan baik karena menunggu belas kasihan orang lain. Karena itu saya mengharapkan kepada Kepala Dinas Pendidikan Aceh serta pengelola pendidikan di provinsi paling barat ini

mulai sekarang perlu mempersiapkan segala sesuatu secara matang. Sehingga pelaksanaan ujian secara online dapat terlaksana seperti harapan kita semua .Pemerintah Aceh siap memberi dukungan sepenuhnya. Kata Zaini Abdullah kepada wartawan usai memantau ujian nasional di Banda Aceh beberapa hari lalu. 

Memantau UN SMA sederajat :

Pelaksanaan ujian nasional (UN) tingkat SMA/MA/SMK yang berlangsung Senin pekan lalu di 23 kabupaten/kota di Aceh berlangsung aman. Selain UN manual, ujian nasional yang dilaksanakan secara online di dua SMK di Meulaboh, Aceh Barat dan satu SMK di Aceh Singkil juga dilaporkan berlangsung sukses.

Gubernur Aceh Zaini Abdullah dalam memantau pelaksanaan UN di sekolah-sekolah di Banda Aceh didampingi Kepala Dinas Pendidikan Aceh, Drs Hasanuddin Darjo MM, Kakanwil Kementerian Agama Aceh, Drs H. M. Daud Pakeh, Ketua MPD Aceh Prof Dr Warul Walidin, Wakil Ketua DPRA Drs H Sulaiman Abda MSi, Walikota Banda Aceh Illiza Saaduddin Djamal dan Kadisdikpora Syaridin MPd. Selain Banda Aceh, Gubernur yang didampingi Wakil Bupati Aceh besar, Drs Samsul Rizal, juga meninjau pelaksanaan ujian akhir sekolah berstandar nasional (UASBN) Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 1 Darul Imarah. Di sekolah yang terletak di Lampeurut itu, Dua sekolah dan madrasah pelaksanaan UN di Aceh Besar yang dikunjungi Gubernur dan rombongan adalah SMA Negeri 1 Darul Imarah dan MAS Ruhul Islam Anak Bangsa (RIAB). Sedangkan menyangkut pelaksanaan UN secara online di dua SMK Meulaboh dan satu SMK di Singkil, Hasanuddin Darjo mengatakan hingga tuntasnya pelaksanaan UN online hari pertama sampai hari ketiga tidak ada masalah."Kita berharap pelaksanaan UN untuk SMP sederajat yang akan digelar 4 sampai 7 Mei 2015 secara manual mudah-mudahan juga bisa lancar tanpa masalah," katanya.

Menurut Hasanuddin Darjo untuk mengatasi kemungkinan mati lampu, pihaknya sudah menyiapkan genset di ketiga sekolah tersebut. "Kita juga menyiapkan laptop cadangan, kalau tiba-tiba komputer yang digunakan siswa bermasalah," katanya.

Sekretaris Panitia UN provinsi Aceh, Drs Zulkarnaini dan Dr Teuku Ramli dari Badan Standarisasi Nasional Pendidikan (BSNP) Pusat yang memantau pelaksanaan UN secara online di Aceh Singkil kepada Serambi mengatakan sama sekali tidak ada masalah di lapangan pada saat pelaksanaan ujian secara online.

"Meski komputernya sempat mati sebentar, tapi ternyata siswa tidak dirugikan. Karena, saat komputer on kembali, ternyata data yang tersimpan hingga jawaban terakhir dari siswa," kata Zulkarnaini yang juga Kepala Tekkom Dinas Pendidikan Aceh.

MAN Sibreh 

Sementara itu Bupati Aceh Besar, Mukhlis Basyah bersama Ketua DPRK Aceh Besar, Sulaiman SE dan Kepala Dinas Pendidikan Drs Razali, pada hari pertama UN ikut memantau pelaksanaan ujian di sejumlah sekolah, di antaranya MAN Sibreh dan SMA Negeri Suka Makmur.

Dalam kunjungan ke sekolah-sekolah, Bupati Aceh Besar itu mengharapkan seluruh siswanya lulus pada UN tahun 2015 ini. "Kita berharap seluruh siswa bisa lulus ujian," ujarnya. katanya.

(Bustamam Ali/M Nasir Yusuf)