Mirna Rita Sosok Kebanggaan SMAN 1 Matangkuli

Nurul Fajar 5 Desember, 2018 0


“Miskin harta, kaya prestasi” itulah kata yang tepat untuk menggambarkan siswa yang memiliki nama lengkap Cut Mirna Rita ini. Siswa yang lahir pada 15 Desember 2000, ini menempuh pendidikan SMP nya di SMP N 1 Matangkuli. Anak kedua dari pasangan Alm. Teuku Bachtiar H. Abu dan Anul Muradi Putri ini terkenal aktif dikelas. Walaupun hidup dalam keluarga yang serba berkecukupan, serta mengenyam pendidikan pada salah satu sekolah pinggiran yang tak termasuk favorit di Aceh ini,  tidak pernah menyurutkan semangatnya. Bahkan hal  itu yang menjadi salah satu  tantangan dan penyemangatnya untuk terus berprestasi .

Siswa kelas XII IPA1   pada tahun 2018 ini ini memiliki hobi menulis, meneliti serta berorganisasi, beberapa organisasi yang tengah di ikutinya adalah, Forum Anak Nasional (FAN), KIR Pena Pasee Aceh Utara, Bengkel Sastra Pena Pasee, RA Pena Pasee Production, serta OSIS SMAN 1 Matangkuli.  Organisasi-organisasi yang diikutinya diasuh oleh guru-guru profesional pada Bidangnya. Guru-guru yang aktif di organisasi juga, seperti Pak Qusthalani, S,Pd, M.Pd yang merupakan Ketua IGI Kabupaten Aceh Utara.

Rasa penasaran Mirna dalam hal meneliti telah mengantarnya  ke Tingkat Nasional yaitu pada ajang Lomba Karya Ilmia Sumber Daya Air Tahun 2018 yang diadakan oleh Kementerian PUPR di Bandung. Dua tahun ini menjadi ajang unjuk kebolehan anak perempuan pertama dari empat bersaudara ini. Terbukti prestasi demi prestasi terus diraihnya, mulai dari lomba esai, cerpen, sampai menjadi peserta dalam Temu Penyair Tingkat Asia Tenggara di Padang beberapa bulan yang lalu, masih banyak prestasi yang telah diraih oleh siswa yang satu ini. Kunci  dari apa yang telah dicapainya saat ini tentunya adalah belajar, berusaha, berdoa dan tentunya support utama dari Kepala SMAN 1 Matangkuli Drs. Ridwan yang tak pernah henti memotivasi siswa disekolahnya, dukungan orang tua, guru serta teman-temannya.

Siswa yang sempat  dicalonkan menjadi  ketua OSIS  ini  menyerukan lewat visi dan misinya yaitu ingin meningkatkan  solidaritas  dan toleransi  seluruh warga sekolah untuk mewujudkan SMAN 1 Matangkuli yang siap, sigap dan terdepan,  ia berharap bahwa  solidaritas dan toleransi di SMAN 1 Matangkuli benar-benar terjaga, sehingga segala kegiatan yang dilaksanakan oleh sekolah bisa terwujud dan berjalan dengan lancar

Ia mengaku bahwa setiap orang berhak untuk sukses tanpa memandang siapa dia, dimana dia tinggal dan dimana  dia menempuh pendidikan. “BELAJAR ADALAH KUNCI, DAN BERUSAHA ADALAH PINTU MENUJU KESUKSESAN” Jadi jangan pernah menyerah untuk belajar dan berusaha.

Akhir tahun 2018 telah mengantarnya menjadi Pemuda Inspiratif perwakilan Aceh ke Nasional. Penutup akhir tahun, meraih juara dua sebagai Duta Baca Aceh Utara.|Fikri