Selamat Datang di Website Resmi Dinas Pendidikan Aceh. Jl. H. Mohd.Daud Beureueh No.22 Kutaalam, Banda Aceh

Pengumuman

FESTIVAL FILM DOKUMENTER UNTUK SISWA (FFDS) TINGKAT SMA/SMK/PLB se ACEH 2017

 

Ayo adik-adik, buruan daftarkan diri kamu dalam lomba ini dan menangkan hadiahnya. Info Selengkapnya klik disini

 

Berita Pilihan Redaksi

Siswa dari Aceh Utara Wakili Indonesia Lomba Internasional di Kazakhstan397 Sekolah di Aceh Laksanakan UNBK327 SMK Sudah Jadi Lembaga Sertifikasi Profesi

LHOKSEUMAWE-Dua siswa SMAN 1 Paya Bakong, Aceh Utara, Maulidi Rahmi dan Fadlon dipastikan mewakili Indonesia ke ajang Lomba Matrix Internasional di Kazakhstan Mei tahun depan. Kepastian itu diperoleh setelah kedua siswa dari pedalaman Aceh Utara ini meraih medali perak dalam ajang Indonesian Science Project Olimpiad, di Kharisma Bangsa, Tangerang Selatan, 24-26 Februari 2017 untuk kategori komputer.

Sejumlah siswa mengikuti Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) di SMAN1 Lhokseumawe, Senin (10/4). Siswa Sekolah Menengah Atas (SMA), Madrasah Aliyah (MA), dan SMA Luar Biasa mengikuti UNBK berlangsung 10-13 April 2017.

JAKARTA-Sebanyak 327 Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) sudah menjadi Lembaga Sertifikasi Profesi Pihak Pertama (LSP P1). Ke-327 SMK itu sudah menerima Sertifikat Lisensi dari Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP).

TV Tekkomdik Aceh

Banda Aceh - Dinas Pendidikan Aceh merayakan Maulid Nabi Muhammad SAW (27/02) di Aula Dinas Pendidikan Aceh. Acara Maulid Disdik Aceh dihadiri oleh Gubernur Aceh dr. H. Zaini Abdullah dan sejumlah pejabat lainnya

Pengelolaan Pendidikan Belum Maksimal

MOMENTUM Hari Pendidikan Daerah (Hardikda) ke- 54 Aceh, masih banyak tumpang tindih kebijakan. Perbandingan guru yang tak seimbang dengan pemerataan dan kompetensi yag masih rendah menjadi Pekerjaan Rumah (PR) para pengelola pendidikan di daerah.

Sebagai contoh Aceh Utara, jumlah guru non-PNS lebih tinggi dari berbagai jenjang Jumlah guru PNS jauh di bawah guru non-PNS untuk jenjang SD, SLTP, dan SLTA. Padahal, jumlah guru di daerah ini relatif lebih banyak dibandingkan dengan guru di kabupaten lain (lihat grafis).

Kondisi yang sama terjadi pada Uji Kompetensi Guru (UKG) tahun 2013 yang masih di bawah kabupaten lain, bahkan kabupaten pemekaran seperti Gayo Lues dan Subulusalam. Aceh Utara dengan peserta UKG sebanyak 1376 orang, namun nilai rata-rata hanya 37,59. Bandingkan Banda Aceh yang memiliki 1160 peserta UKG mampu mencapai nilai rata-rata 39,47 (lihat grafis).

Sementara itu, anggaran pendidikan yang dialokasikan 55 persen untuk kesejahteraan guru belum mampu mendongkrak mutu. Pendidikan dan pelatihan guru 28 persen, sementara gaji guru kontrak 17 persen.