LKS Provinsi Dibuka, Ini Harapan Kadisdik Aceh

Tekkomdik 2 Oktober, 2018 0


BANDA ACEH – Dinas Pendidikan Aceh menggelar Lomba Kompetensi Siswa (LKS) tingkat provinsi sebagai persiapan menghadapi event LKS Nasional. Seremoni acara pembukaan dilakukan secara resmi oleh Kepala Dinas Syaridin S.Pd, M.Pd, Selasa (2/10) malam di aula SMK 1, 2, 3 Lhoong Raya, Banda Aceh.


Dalam sambutannya Syaridin mengharapkan agar LKS tingkat provinsi bisa menemukan siswa dengan nilai di atas passing grade yang telah ditetapkan. Karena itu dia berharap agar juri melaksanakan tugas dengan obyektif.

Kepala dinas menyampaikan apresiasi dan penghargaan kepada kalangan dunia usaha dan industri yang selam ini telah memberi tempat kepada SMK untuk melakukan praktek kerja. “Terima kasih kepada Innovam dan dunia usaha lainnya yang telah menjadi mitra SMK,” ucapnya.

Begitu besarnya peran dunia usaha dan dunia industri, menurut Kadisdik, menjadi penentu kredibilitas lulusan SMK. “Tanpa peran serta dunia usaha, maka lulusan SMK tidak ada bedanya dengan lulusan SMA,” ujarnya.

Kepala dinas menambahkan, dalam pelaksanaan LKS tahun ini berlaku aturan main berbeda. “Walaupun menjadi juara LKS provinsi belum tentu bisa dikirim ke ajang LKS nasional kalau grade-nya tidak mencukupi,” Syaridin mewanti-wanti.

Ketua panitia LKS Teuku Miftahuddin melaporkan, dalam melakukan berbagai persiapan pihaknya telah menggalang kerja sama dengan berbagai pihak. Agar perlombaan berlangsung lancar, dia bersama tim menempatkan acara lomba pada 6 titik, yaitu SMK 1 dengan 5 mata lomba, SMK 2 untuk 14 mata lomba, SMK 3 dengan 7 mata lomba, SMK Mubarkeya 11 mata lomba, dan SUPM 2 mata lomba.

Kepala Bidang Pembinaan SMK pada Dinas Pendidikan itu menjelaskan,  bahwa dalam rangkaian LKS juga dilaksanakan kegiatan Expo yang dilangsungkan di Taman Sari Banda Aceh, 3-6 Oktober.

Agar diperoleh hasil yang maksimal, panitia mendatangkan juri dari luar daerah, dibantu beberapa juri lokal. Juri luar berasal dari berbagai lembaga, antara lain, PPPPTK Malang, Bandung, Sawangan, Parung Bogor, Medan, STKIP Purnama Jakarta dan dari dunia usaha/industri.

Pada acara itu juga dilakukan  penyerahan piala begilir dari ketua MKKS SMK kepada kepala dinas. Piala tersebut nantinya akan diserahkan kepada juara LKS Provinsi tahun 2018.

Sebelum acara seremonial dimulai, pentas diisi dengan penampilan group kesenian. Ada tarian saman dan pembacaan puisi. Seorang siswi membaca puisi karya Emha Ainun Najib dengan ekspresi yang menarik. Sebelum mempersilakan siswi ini tampil, pembawa acara mengatakan, selain terampil dan menguasai komputer, anak SMK juga mempunyai kemampuan dalam bidang seni, seperti baca puisi.[*]