Pemerintah Aceh Bekerjasama dengan Korea Selatan dalam Bidang Pendidikan

Nurul Fajar 29 Oktober, 2018 0


Rombongan Plt. Gubernur Aceh, Ir. Nova Iriansyah, MT didampingi Kepala Dinas Pendidikan Aceh Syaridin, S. Pd, M. Pd bersama Kabid Pengembangan SMK Teuku Miftahuddin, M. Pd serta Kepala Sekolah dan Guru SMK tiba di Seoul, Korea Selatan, Senin (29/10/2018) sekitar jam 09.00 WIB.

Kepala Dinas Pendidikan Aceh Syaridin, S. Pd, M. Pd menyampaikan selama berada di Korea Selatan pihaknya akan melakukan kerjasama untuk pengembangan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Aceh dengan pihak Korea Volunteers Association (KOVA).

“Rombongan kita telah tiba di Bandara Incheon pada pukul 9.00 dan disambut oleh utusan dari KOVA. Kami selanjutnya menuju Kedutaan Besar RI di Seoul dan pihak kedutaan menyambut kami dengan baik dan mendukung program kerjasama ini,” tulis Kadisdik Aceh Syaridin, S. Pd, M. Pd.

Ia menjelaskan bahwa fokus kerja sama yang dilakukan pihaknya dengan KOVA mencakup beberapa hal pokok, yaitu memberikan pelatihan guru vokasi, pertukaran informasi tentang penerapan kurikulum serta pelatihan praktik mesin pertanian, peternakan dan perikanan di Korea Selatan.

Delegasi Aceh yang berangkat ke Korea Selatan berjumlah 22 orang, terdiri dari Plt. Gubernur, Kepala Dinas Pendidikan Aceh, Kepala Bidang Pembinaan SMK, kepala SMK 6 orang, 12 orang guru SMK, dan 1 orang staf Bidang GTK.

KOVA merupakan sebuah lembaga nirlaba yang bergerak dalam bidang kegiatan sosial. Organisasi ini didirikan pada tahun 1992 oleh anggota KOICA (Korea International Cooperation Agency).

Kerja sama Pemerintah Aceh lewat Dinas Pendidikan dengan KOVA sudah berjalan sejak beberapa waktu lalu. Pada tanggal 4 -11 Agustus 2018, bertempat di SMK PP Saree, Aceh Besar, dilakukan pelatihan untuk 60 peserta. Kegiatan tersebut berlangsung selama 5 hari efektif.

Mengenai misi ke Korea, pihak Dinas Pendidikan menjelaskan bahwa kerja sama itu dilaksanakan atas dasar beberapa dokumen rujukan, yaitu

1. Surat dari KOVA, yang ditujukan kepada Dinas Pendidikan Aceh tertanggal 20 Maret 2018. Subjects: 2018 Indonesia Agricultural Teacher Capacity Enhancement Training (in Indonesia and Korea);

2. Surat Jawaban Dinas Pendidikan Aceh Nomor 413.4/C.3/3194/2018 Tanggal 21 Maret 2018, hal Tawaran Kerja Sama dengan Pihak KOVA;

3. Surat Tugas Penjajakan Kerja Sama dari Pihak KOVA Tanggal 4 Mei 2018. Subjects: About the Consultation on Implementation 2018 Indonesia Agricultural Teacher Capacity Enhancement Training (in Indonesia and Korea); serta

4. MoU Kerja Sama Dinas Pendidikan Aceh dengan KOVA.

 

Penulis : Rizal Fikri