Pemerintah Targetkan Nilai UN Meningkat Pada 2019

Nurul Fajar 27 Oktober, 2018 0


Pemerintah Aceh melalui Dinas Pendidikan menargetkan nilai Ujian Nasional (UN) pada 2019 mendatang dapat meningkat. Saat ini, nilai UN menjadi tolak ukur keberhasilan pendidikan di sebuah daerah.

Hal demikian disampaikan Kepala Dinas Pendidikan Aceh Syaridin, S. Pd, M. Pd saat membuka kegiatan diseminasi pasca UN yang berlangsung sejak sabtu (27/10/2018) di Banda Aceh.

Turut hadir pada acara tersebut Kepala Bidang Pembinaan SMA Zulkifli, S. Pd, M. Pd, Kepala UPTD Balai Tekkomdik Drs Syarbaini, M. Si, perwakilan Kementerian Agama Aceh, Dinas Pendidikan Kabupaten/ Kota, Para Pengawas, Kepala Sekolah dan Guru.

Kadisdik Aceh menyampaikan untuk mencapai target peningkatan nilai UN tersebut pihaknya terus memacu kinerja dari para Guru, Kepala Sekolah dan Pengawas untuk menjalankan program pembelajaran secara maksimal.

“Jika Guru dari tahun ke tahun mengajarnya begitu-begitu saja, maka nilai UN juga akan ikut begitu saja tanpa ada peningkatannya” ungkapnya.

Lebih lanjut Ia menjelaskan keberhasilan pendidikan tidak hanya dilihat dari banyaknya prestasi yang diraih, tapi juga akan dilihat dari tingginya perolehan nilai rata-rata UN yang diraih siswa setiap tahunnya.

“Kegiatan ini adalah salah satu cara yang dilakukan pemerintah untuk menyatukan persepsi antar Dinas Pendidikan Aceh dengan Kementerian Agama untuk mewujudkan cita-cita tersebut” ujarnya.

Menurutnya, ketika nilai UN rendah maka masyarakat akan menyalahkan guru, kepala sekolah dan pengawas, padahal itu merupakan tanggungjawab semua pihak terutama siswa dan lingkungan keluarganya.

“Khusus Guru yang mengajar kelas akhir disetiap jenjang, kami mintakan untuk mengajarkan materi pelajaran yang sesuai dengan kisi-kisi yang akan di UN kan” pintanya.

Kadisdik Aceh menjelaskan pada tahun ini akan disebarkan Pengawas silang untuk memantau persiapan UN di 23 Kabupaten/Kota di Aceh. Hal ini diperlukan agar kualitas pendidikan antara di daerah dan perkotaan dapat merata peningkatan mutunya.

“Pada bulan November nanti kita akan menurunkan tim untuk ke daerah-daerah untuk memantau dan mengevaluasi tingkat pembelajaran di satuan pendidikan yang ada di seluruh Aceh ” jelasnya.

Ketua penyelenggara kegiatan Zulkifli, S. Pd, M. Pd menyebutkan bahwa pada kegiatan tersebut akan dibahas permasalahan tekhnis menyangkut drngan kegiatan penggandaan naskah, pendistribusian dan percetakan Lembar Jawaban UN serta pemantauan terhadap pelaksanaan UAS tahun 2019 mendatang.

“Hari ini yang kita undang merupakan perwakilan dari seluruh pihak yang terlibat didalam menyukseskan pendidikan Aceh” ungkapnya.

Ia menyatakan bahwa peserta yang hadir untuk kegiatan ini berjumlah 178 orang yang berasal dari Guru, Kepala Sekolah, Pengawas, Dinas Pendidikan Kabupaten/Kota dan Kementerian Agama.|Fikri