Perwakilan Aceh Raih Emas di FLS SMK Tingkat Nasional

Nurul Fajar 31 Oktober, 2018 0


Rajawali Saputra dan Elvia Yunda siswa SMKN 1 Takengon berhasil meraih medali emas dibidang lomba Cipta Buku Elektronik Tokoh Vokasi pada Festival Literasi Sekolah (FLS) SMK tingkat Nasional ke II tahun 2018 yang dilaksanakan oleh Kemdikbud RI sejak 28 hingga 31 Oktober 2018 di Gedung Kemdikbud, Jakarta. Sedangkan untuk juara kedua diraih oleh perwakilan Provinsi Sumatera Barat dan juara ketiga dari perwakilan DKI Jakarta.
Karya buku elektronik yang diciptakan oleh perwakilan Aceh mengangkat judul tentang “Pengusaha Kopi Sukses”. Buku tersebut menceritakan tentang seorang pengusaha kopi yang sukses mengelola usahanya. Ide mengangkat judul buku tersebut disesuaikan dengan tokoh vokasi yang mampu membangun ekonomi masyarakat serta memilki motivasi enterpreneur.

Kepala Dinas Pendidikan Aceh Syaridin, S. Pd, M. Pd pada rabu (31/10/2018) menyampaikan prestasi ini menjadi sebuah hal yang patut dibanggakan, pihaknya berkomitmen untuk meningkatkan kualitas dan mutu pendidikan di Aceh agar setara dengan Provinsi lain di Pulau Jawa. Prestasi ini merupakan kebanggaan tersendiri bagi Dinas Pendidikan, dalam upaya menggugah prestasi siswa dalam bidang-bidang yang lain.

“Selamat kepada para juara dan jangan bangga sampai disini saja, tapi ukirlah prestasi yang lebih baik lagi dimasa yang akan datang” ujarnya.
Kadisdik Aceh menambahkan pihaknya sedang menggalakkan literasi dalam rangka meningkatkan kemampuan membaca siswa pada level tertinggi serta menggugah kesadaran masyarakat bahwa literasi adalah bagian dari hidup keseharian.

“Literasi telah diintegrasikan dalam Kurikulum 2013 bukan sebagai satu mata pelajaran tersendiri melainkan terintegrasi dalam seluruh mata pelajaran. Dengan integrasi literasi dalam kurikulum ini akan melahirkan lulusan yang mampu berpikir kritis dan kreatif” ungkapnya.
Provinsi Aceh pada tahun ini mengirimkan sebanyak enam perwakilan untuk mengikuti empat cabang lomba pada grand final FLS ke II tingkat Nasional 2018. Keenam siswa tersebut berasal dari SMKN 1 Al Mubarkeya, SMKN Taman Fajar, SMKN 1 Takengon dan SMKN 1 Bendahara.

Para siswa yang mewakili Aceh merupakan masing-masing pemenang tingkat Provinsi. Setelah melewati berbagai proses seleksi mulai tingkat provinsi, kemudian tingkat Nasional secara daring, ke enam siswa tersebut lolos 10 besar Nasional dan berhak mengikuti grand final di Jakarta.
Juara bidang lomba lainnya, untuk bidang Cerita Kearifan Vokasi Nusantara juara 1 diraih Jawa Tengah, juara 2 Bali, dan juara 3 Nusa Tenggara Barat.

Sedangkan untuk bidang lomba Sudut Baca Vokasi, juara 1 diraih oleh Riau, Juara 2 Jawa Barat dan juara 3 Jawa Timur. Pada bidang lomba Moda Literasi Vokasi Bergerak juara 1 diraih oleh Jawa Barat, juara 2 Sumatra Selatan dan juara 3 Nusa Tenggara Barat.
Sementara cabang lomba yang diperlombakan untuk jenjang SMK meliputi Cipta Buku Elektronik Tokoh Vokasi, Cerita Kearifan Vokasi Nusantara, Pojok Baca Vokasi dan Moda Literasi Vokasi Bergerak.

Kegiatan FLS SMK tahun 2018 tingkat Nasional, selain kegiatan lomba siswa juga dirangkai dengan kegiatan apresiasi seni, pameran Literasi, bedah buku, dan Diskusi seputar pengembangan Literasi di Indonesia.|Fikri