UPTD Balai Tekkomdik Aceh Latih Guru di Lima Kabupaten

Nurul Fajar 4 Oktober, 2018 0


Sebanyak 125 guru dari jenjang SMA dan SMK pada lima kabupaten/kota di Aceh antusias mengikuti bimbingan teknis (Bimtek) Pemanfaatan Media Pembelajaran Berbasis Tekhnologi Informasi dan Komunikasi (TIK) yang diselenggarakan UPTD Balai Tekkomdik Dinas Pendidikan Aceh. Ini merupakan kelanjutan program yang sebelumnya sudah dilaksanakan di sejumlah kabupaten/kota, baik wilayah barat, tengah maupun timur Aceh.

Kepala UPTD Balai Tekkomdik Drs Syarbaini M.Si mengatakan, Bimtek yang dilaksanakan secara marathon tahun ini dimaksudkan untuk memberi layanan pelatihan berbeda kepada para guru. Segmennya pun lebih spesifik, yaitu mereka yang sudah mahir menggunakan komputer, paham internet, dan media sosial.

“Pada pelatihan ini kami menurunkan sejumlah instruktur guna memfasilitasi guru-guru menguasai VideoMakerFx, Windows Movie Maker, dan pemanfaatan “Rumah Belajar” yang merupakan aplikasi besutan Pustekkom Kemdikbud” ungkapnya.

Syarbaini menambahkan semua aplikasi yang diajarkan tersebut sangat berguna bagi guru dalam menunjang mereka melaksanakan tugas mengajar. Hal itu sesuai dengan visi dan misi dari Pemerintah Aceh untuk mewujudkan Program Aceh Carong, sekaligus program dari Kepala Dinas Pendidikan Aceh untuk meningkatkan kualitas para guru.

Sementara itu mengutip dari beberapa sumber, dapat dijelaskan, bahwa VideoMakerFx merupakan software editing video yang dibuat oleh Peter Roszak. Software ini digunakan untuk membantu seseorang membuat sebuah video dengan cepat, mudah, dan tidak memakan waktu lama. VideoMakerFX dapat digunakan untuk membuat video ulasan produk (promosi), presentasi, dan bahan ajar. Pengguna juga memiliki hak penuh untuk video yang mereka buat.

Video Maker FX cocok untuk digunakan oleh pengguna yang benar-benar buta tentang editing video. Walaupun masih ada sedikit kekurangan seperti terbatasnya video yang bisa diimport dan lain-lain, namun software ini masih menjadi pilihan nomor satu untuk editing video instan.

Adapun fitur-fitur dan kelebihan VideoMaker FX tersebut yaitu terdapat template animasi untuk video, Backsound Music dan Voice agar video lebih keren, tanpa watermark sehingga video terlihat lebih profesional.

Sedangkan Windows Movie Maker atau disingkat WMM adalah sebuah program editing video yang sederhana, didesain untuk pemilik PC dengan sedikit pengalaman untuk membuat video rumahan. Dengan WMM, seseorang bisa melakukan pengeditan video sederhana dan memainkannya melalui Windows Media Player. Kemudian bisa mengkopinya ke CD dan dijadikan koleksi video.

Panitia Bimtek Kabupaten Aceh Tamiang, Rizal Fikri TA, S. Pd. I, menyatakan bahwa sebagian besar guru yang menjadi peserta kegiatan pada SMAN 1 Kejuruan Muda adalah mereka yang masih berusia muda. Didukung bekal pengetahuan komputer di atas rata-rata, menurut pengamatannya, menjadi penyebab guru-guru Tamiang sangat antusias mengikuti Bimtek.

“Semangat para guru disini sangatlah tinggi, mereka langsung bertanya apa yang belum mereka pahami sehingga kelas terlihat lebih hidup. Seluruh peserta undangan dari 25 sekolah jenjang SMA dan SMK di Kabupaten Aceh Tamiang semua berhadir tanpa absen” jelasnya.

Sementara itu Bimbingan teknis (Bimtek) Pemanfaatan Media Pembelajaran Berbasis Tekhnologi Informasi dan Komunikasi (TIK) yang diselenggarakan oleh UPTD Balai Tekkomdik Dinas Pendidikan Aceh ini merupakan angkatan ke IV yang berlangsung dari 3 hingga 5 Oktober 2018 yang dilaksanakan di Kabupaten Aceh Tamiang, Aceh Tengah, Aceh Tenggara, Gayo Lues, dan Simulue. Pekan lalu, Balai Tekkomdik juga telah melaksanakan Bimtek untuk guru-guru di Kabupaten Bireuen, Lhokseumawe, Aceh Utara, Langsa, dan Aceh Timur.| Fikri