Balai Tekkomdik Latih Pemanfaatan TIK Guru SMA

Nurul Fajar 29 September, 2018 0


UPTD Balai Tekkomdik Dinas Pendidikan Aceh bekerjasama dengan Musyawarah Kerja Kepala Sekolah (MKKS) melaksanakan Bimbingan Teknis (Bimtek) Pemanfaatan Media Pembelajaran TIK bagi guru SMA di lima kabupaten/kota di Aceh.  Evolusi industri 4.0 telah memberikan dorongan baru bagi transformasi dunia pendidikan dalam beberapa tahun terakhir sejalan dengan perkembangan teknologi informasi semakin pesat.

Kepala UPTD Balai Tekkomdik Aceh Drs Syarbaini, M. Si didampingi Kepala Seksi Pengembangan dan Produksi UPTD Balai Tekkomdik Aceh, Drs Anwar M. Isa M. Si pada saat melepas keberangkatan Tim Pelaksana Bimtek Pemanfaatan Media Pembelajaran Berbasis TIK bagi guru SMA/SMK di Lima Kabupaten se Aceh, Selasa (25/09/2018) di Aula UPTD Tekkomdik Dinas Pendidikan Aceh.

Drs Syarbaini menyampaikan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) memuat semua teknologi yang berhubungan dengan penanganan informasi yang meliputi pengambilan, pengumpulan, pengolahan, penyimpanan, penyebaran, dan penyajian informasi. Oleh karena itu, pihaknya bertekad untuk melatih para guru di Aceh agar dapat menyiapkan bahan ajar sesuai dengan perkembangan tekhnologi masa kini.

Guru harus dapat memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi untuk kepentingan penguatan dan pengembangan aspek utama pendidikan seperti konten, pedagogik dan manajemen pendidikan. Namun pada kenyataannya masih banyak guru-guru yang belum mampu menguasai apalagi memanfaatkan TIK secara utuh di dalam proses tersebut” ungkapnya.

Syarbaini menambahkan pihaknya terus mendorong agar guru dapat meningkatkan kualitasnya, sesuai dengan visi misi Gubernur Aceh yaitu tercapainya program Aceh Carong bagi dunia pendidikan Aceh. Melalui bimtek pemanfaatan media Pembelajaran Berbasis TIK bagi guru SMA merupakan salah satu cara yang dijalankan oleh Balai Tekkomdik Aceh untuk mewujudkan cita-cita pemerintah Aceh tersebut.

“Kita berkomitmen meningkatkan mutu guru, terutama bidang TIK  bagi pendidik dan tenaga kependidikan. Di era globalisasi ini, Teknologi Informasi Komunikasi sangat penting. Meskipun dalam kurikulum 2013 tidak ada lagi mata pelajaran TIK, namun setiap mata pelajaran di sekolah tetap berbasis TIK” ujarnya.

Sementara itu Kepala Seksi Pengembangan dan Produksi UPTD Balai Tekkomdik Aceh, Drs Anwar M. Isa M. Si menyampaikan pihaknya kali ini membentuk sebanyak lima tim untuk menjadi perwakilan Dinas Pendidikan Aceh ke lima Kabupaten/Kota yaitu Bireun, Lhokseumawe, Aceh Utara, Aceh Timur dan Kota Langsa. Tim ini terdiri dari dua orang instruktur dan dua orang panitia yang berasal Dinas Pendidikan Aceh. Para gurudiajarkan pembuatan media pembelajaran berbasis IT seperti, pembuatan video animasi, grafik, rumah belajar, trik menjawab soal, dan lain-lain.

“Mereka nantinya akan menjadi perpanjangan tangan dari Disdik Aceh untuk melatih para guru SMA/SMK dengan tema pemanfaatan media Pembelajaran Berbasis TIK bagi guru SMA/SMK. Didalam bimtek pemanfaatan TIK dalam pembelajaran yang dilaksanakan ini berbasis teori dan praktek” ujarnya.

Anwar menambahkan pada untuk wilayah Kabupaten Bireun dilaksanakan di Aula Cabang Dinas Pendidikan Bireun, Kota Lhokseumawe di SMKN 1 Lhokseumawe, Aceh Utara di SMAN 1 Lhoksukon, Aceh Timur di SMAN 1 Idi dan Kota Langsa di Cabang Dinas Pendidikan Kota Langsa.

Kegiatan yang berlangsung dari 25 hingga 29 September 2018 itu dihadiri sebanyak 25 orang peserta yang berasal dari Guru dan Tenaga Pendidikan tingkat SMA/SMK yang tergabung dibawah MKKS masing-masing Kabupaten/Kota.| Fikri